Teknologi Kreatif, Internet Sehat

Cara Mengecek NISN

Setelah sebelumnya sempat diblokir, kini situs Dapodik yang mengelola Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) sudah aktif kembali. Anda dapat menelusuri situsnya dengan klik disini. Datanya telah diproses alih teknologi secara bertahap untuk pemindahan operasional dan pengelolaan DAPODIK ke PSP Balitbang. Sebagai tahap awal dilaksanakan pemindahan personil Tim Call Center DAPODIK dari Biro PKLN ke PSP Balitbang untuk menjaga kesinambungan layanan DAPODIK. Proses dan tahapan berkenaan dengan perangkat, sistem dan data akan dilaksanakan secara bertahap.

Sehubungan dengan surat edaran nomor 1980/P3/TP/2011 tanggal 14 September 2011. Pusat Data dan Statistik Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (PDSP Kemdikbud) membangun pelayanan Sistem Layanan DAPODIK versi terbaru dengan menggunakan nama Sistem Nomor Induk Satuan Pendidikan (NISP) dan Sistem Nomor Induk Peserta Didik (NIPD). Sistem ini dapat di akses melalui alamat :

Cara mengecek NISN adalah:

  1. Buka laman http://nisn.data.kemdiknas.go.id
  2. Klik pada menu Data Siswa
  3. Ketik nama siswa, tempat lahir dan tanggal lahir pada form yang muncul
  4. Pengisian format tanggal lahir misalkan untuk 7 Februari 1994 menjadi 07/02/1994
  5. Klik tombol Cari, maka akan muncul data siswa dan NISN siswa tersebut.

Jika tidak ada nama siswa yang ditampilkan maka ada 2 kemungkinan, yang pertama: datanya mungkin tidak cocok dengan database, atau kedua: siswa tersebut belum memiliki NISN.

Jika belum, maka segera melapor ke sekolah untuk mendapatkan NISN.

About these ads

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: